Minggu, 04 Desember 2016

Apa itu warna RGB dan CMYK

CMYK
www.graphico.co.id
RGB

Banyak Sekali Desainer Grafis ketika membuat hasil karya di tampilan monitornya sangat bagus, akan tetapi kenapa ketika dicetak menggunakan media kertas atau material banyak sekali terjadi ketidak puasan di dalam hasil cetakannya. Apa Penyebabnya? Salah satunya adalah pengaturan warna di dalam mendesain.
Oleh Karena itu, kami mencoba untuk menjabarkan 2 macam warna yang sering dijumpai di dunia grafis dan percetakan Yaitu RGB dan CMYK

RGB adalah singkatan dari Red-Green-Blue, tiga warna dasar yang dijadikan patokan warna secara universal (primary colors). Dengan basis RGB, kita bisa mengubah warna ke dalam kode-kode angka sehingga warna tersebut akan tampil universal. CMYK merupakan standar industri cetak saat ini. Singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow, dan K mewakili warna hitam. CMYK merupakan standar warna berbasis pigment-based, menyesuaikan diri dengan standar industri printing. Sampai saat ini, dunia cetak-mencetak memakai 4 warna dasar dalam membuat warna apa pun.

Warna CMYK adalah warna yang berdasar pada pigmen warna (zat warna) yang umumnya dipakai dalam teknologi pencetakan. Berbeda dengan RGB yang mengabaikan warna hitam, maka dalam CMYK mengabaikan warna putih (karena dianggap warna putih adalah warna bidang cetakan/kertas). Jika anda memeriksa tinta pada printer warna, maka anda akan menjumpai 4 warna tinta yaitu Cyan (biru kehijauan), Magenta (seperti pink tapi lebih tua), Yellow (Kuning) dan Black (Hitam).

Jika Anda ingin membandingkan warna hasil cetakan RGB dan CMYK cobalah untuk print hasil karya desain Anda di Graphico, kami akan memberikan pelayanan yang optimal untuk hasil print karya Desain Anda. Kenapa harus print di Graphico? Karena di Graphico kami rutin melakukan kalibrasi monitor dengan mesin, sehingga hasil cetak terjaga kualitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar